Thursday, July 12, 2012

Harapan QE3 memudar, bursa Eropa negatif


Foto: Kontan.co.id

LONDON. Bursa saham di Eropa tertular sentimen negatif dari Asia dan Amerika Serikat. Investor masih kecewa dengan rekaman pertemuan Federal Reserves kemarin, yang memadamkan harapan adanya Quantitative Easing dalam waktu dekat.
Sesaat setelah dibuka, FTSEurofirst 300 melemah 0,94% menjadi 1.029,38 pukul 14.51 WIB, setelah ditutup flat hari Rabu. Komoditas dasar merupakan sektor yang turun paling dalam.
Stoxx Europe 600 Index juga terpukul 0,91% ke 253,27. Indeks ini telah merosot 0,5% pekan ini, setelah reli panjang dalam lima minggu sebelumnnya.
"Keputusan The Fed tidak mengubah pandangan keseluruhan saya bahwa QE3 akan berlangsung tahun ini atau di awal tahun depan. Namun untuk jangka pendek, hal ini mengecewakan,” ujar Philippe Gijsels, Kepala Riset BNP Paribas Fortis Global Markets.
Sebab, kata dia, tak banyak hal yang diharapkan dari data ekonomi maupun pengumuman kinerja emiten. “Jadi satu-satunya harapan pasar adalah quantitative easing lagi, stimulus Eropa lagi, dan stimulus dari berbagai tempat,” ujarnya.

Sumber: Kontan.co.id

No comments:

Post a Comment