Thursday, July 26, 2012

Citigroup: Yunani akan terdepak dari Eropa!


NEW YORK. Citigroup Inc menaikkan estimasi mereka terhadap kemungkinan Yunani terdepak dari kawasan Eropa dalam 12 hingga 18 bulan ke depan menjadi 90%. Citigroup beralasan, perekonomian global khususnya Eropa, semakin melemah. Pada prediksi sebelumnya, Citigroup memprediksi, kemungkinan Yunani untuk keluar dari keanggotaan Eropa hanya berkisar 50% hingga 75%.


Dalam nota analis, Citigroup juga menulis, kemungkinan besar, kejadian tersebut akan terjadi dalam dua hingga tiga kuartal ke depan. Bahkan secara khusus, Citigroup menulis, Yunani akan keluar dari Eropa akan terjadi pada 1 Januari 2013. Meski demikian, bank ini memberikan catatan, tanggal itu bukan merupakan tanggal pasti.

Sekadar informasi, kreditur Yunani atau troika yang terdiri dari Bank Sentral Eropa, Komisi Eropa, dan Badan Moneter Internasional, sudah berada di Athena pada pekan ini. Mereka meragukan, Yunani dapat memenuhi target untuk mendapatkan dana bailout selanjutnya. Sementara itu di Spanyol, banyak ekonom memprediksi, jumlah kawasan yang akan mengajukan dana bailout semakin bertambah.

"Kami menilai, krisis Eropa menyebabkan pelemahan ekonomi yang berkepanjangan sehingga menimbulkan kesulitan besar kepada negara-negara bermasalah. Kondisi ini akan memicu resesi baru di kawasan Eropa pada tahun ini dan ke depannya," urai Citigroup.

Sumber: Kontan.co.id

No comments:

Post a Comment