Monday, July 23, 2012

Isu Spanyol Picu USD Anjlok ke Bawah 78 Yen


Monexnews - Dollar (USD) merosot hingga ke titik terendah dalam tujuh pekan terakhir terhadap penguatan tajam Yen di hari Senin (23/07) akibat memuncaknya kekhawatiran bahwa krisis utang di Spanyol akan menimbulkan permintan bailout besar-besaran sehingga memicu permintaan terhadap mata uang safe haven Jepang.

Dollar tumbang hingga ke level 77.95 yen yang merupakan level terendah sejak awal Juni silam. Penguatan Yen sudah terasa sejak sesi pagi menyusul sentimen negatif yang bermula dari proyeksi pemerintah Spanyol bahwa negerinya akan mengalami resesi di tahun 2013 mendatang.

Proyeksi tersebut mengindikasikan bahwa Spanyol akan terjerumus ke dalam resesi pada tahun depan. Dan sebagai akibatnya, yield obligasi Spanyol bertenor 10-tahun melonjak ke rekor 7,309% dan 6,928% untuk tenor 5-tahun.    

Sementara kabar bahwa beberapa pemerintah daerah di negara Spanyol meminta bailout, turut menambah kekhawatiran bahwa ekonomi terbesar ke-4 di Eropa mungkin akan memerlukan bailout internasional besar-besaran. Sehingga hal itu memicu para investor mencari tempat investasi aman sementara termasuk pada Yen - Jepang.(Dar)

Sumber: MonexNews

No comments:

Post a Comment