Monday, July 23, 2012

Geger! Euro Terjerumus Bailout Spanyol


Monexnews - Mengawali pekan ini (Senin, 23/07) pasar dunia digegerkan lagi oleh Euro yang kian terpuruk lantaran investor kembali khawatir dengan mencuatnya lagi isu krisis utang di kawasan Eropa, khususnya krisis yang melanda negara terbesar ke 4 Eropa - Spanyol.

Aksi lepas posisi di semua lini pasar terutama disebabkan oleh sentimen negatif yang bermula dari proyeksi pemerintah Spanyol bahwa negerinya akan mengalami resesi di tahun 2013 mendatang menyusul pemberitaan salah satu pemerintah daerahnya menyatakan meminta bailout.

Salah satu pemerintah otonomi negara Spanyol pada distrik Valencia, menyatakan tengah meminta bantuan pemerintah pusat sebesar €18 milyar untuk membayar hutangnya dan membantu keuangan daerah. Sontak kabar tersebut kian menambah kekhawatiran bahwa ekonomi terbesar ke-4 zona Euro mungkin akan memerlukan bailout internasional besar-besaran.

Katalis negatif lainnya muncul setelah pemerintah Spanyol memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2012 dan 2013. Revisi proyeksi tersebut mengindikasikan bahwa Spanyol akan terjerumus ke dalam resesi pada tahun depan. Dan sebagai akibatnya, yield obligasi Spanyol bertenor 10-tahun melonjak ke rekor 7,309% dan 6,928% untuk tenor 5-tahun.    

Akibat dampak dari lonjakan yield tersebut, Euro kini kembali anjlok ke rekor rendah pada kisaran $1.2104 setelah akhir pekan lalu mencatat level rendah harian pada $1.2143.(Dar)  

Sumber: MonexNews.com

No comments:

Post a Comment