Friday, July 20, 2012

Nokia Terus Rugi, Kali Ini Rp16 Triliun


INILAH.COM, Helsinki - Perusahaan pembuat telepon seluler, Nokia kembali mengalami kerugian, kali ini mencapai 1,41 miliar euro atau sekitar Rp16,2 triliun selama kuartal II Tahun ini. Nokia terus menerus tergerus Samsung dan Apple.

Pada periode yang sama tahun lalu kerugian produsen ponsel berbasis di Finlandia itu hanya mencapai 368 juta euro. Penjualan Nokia turun 19% menjadi 7,54 miliar euro, dengan penurunan smartphone mencapai 34% menjadi 1,54 miliar euro. Perusahaan yang selama 10 tahun lalu menjadi penguasa pasar kini tergerus oleh saingannya dari Asia dan Amerika Serikat.

Chief Executive Nokia Stephen Elop menyatakan perusahaannya tengah menghadapi persaingan hebat dengan kompetitornya. Namun, ia mengklaim mampu menjual smartphone Lumia yang dilengkapi Windows Mobile sebanyak 4 juta unit sesuai yang diprediksi sebelumnya.

Meski begitu, secara keseluruhan jumlah ponsel yang dikapalkan sebanyak 10,2 juta unit masih menunjukkan penurunan 39% dibandingkan tahun sebelumnya. Minggu lalu Nokia menjual Lumia 900 dengan potongan harga hingga separuhnya di AS. Tujuannya, menyaingi Samsung yang mengusung Android dan Apple. [BBC/tjs]


Sumber: Inilah.com

No comments:

Post a Comment