Thursday, August 2, 2012

Pertemuan FOMC: Fed akan mengambil lebih banyak langkah

WASHINGTON. The Federal Reserve mengakui perekonomian melambat dan memberi pertanda mereka harus melakukan langkah baru untuk bisa memicu perekonomian yang terus melemah sekarang ini.

“Aktivitas ekonomi menurun sekitar setengah tahun ini,” ungkap Federal Open Market Committee sebagai kesimpulan dua hari pertemuannya di Washington. “Committee akan memantau dengan lekat perkembangan informasi-informasi ekonomi dan finansial dan akan menyediakan tambahan ruang yang dibutuhkan untuk bisa membuat perekonomian bisa pulih dan memperbaiki pasar tenaga kerja serta menjaga kestabilan harga-harga,” tambahnya.



Chairman The Fed Ben S. Bernanke ingin menahan penurunan stimulus mengingat kondisi belanja konsumsi tinggi, pertumbuhan ekonomi lemah, dan tingkat pengangguran sekitar 8,2%. Sebelum pertemuan FOMC berikutnya, 12 September mendatang, Bernanke dan rekan-rekannya akan mempelajari laporan mengenai pengangguran di Juli dan Agustus, dan langkah yang dilakukan European Central Bank untuk meredakan krisis Eropa.

The Fed juga mengatakan akan terus menukar utang jangka pendek senilai US$ 667 miliar untuk digantikan dengan utang yang lebih panjang. The Fed masih tidak mengganti pernyataannya, kondisi ekonomi sekarang ini akan membuat benchmark Fed fund rate akan tetap di kisaran 0, paling tidak sampai akhir 2014.

Sumber: Kontan.co.id

No comments:

Post a Comment