Friday, August 3, 2012

JAL Siap Gelar IPO Akbar


Monexnews -  Maskapai penerbangan paling menguntungkan di jagad raya siap melantai di Tokyo.

Japan Airlines Co. (JAL) berencana menggalang dana 663 miliar yen ($8,5 miliar) dari penerbitan saham perdananya bulan depan. Jika terwujud, maka IPO Japan Airlines akan menjadi momen Go Public terbesar ke-dua tahun ini setelah Facebook.



JAL akan terdaftar di Tokyo Stock Exchange mulai 19 September 2012, sebagaimana tertulis dalam proposal kepada kementerian keuangan Jepang. Saham yang dilepas adalah milik pemerintah total sebanyak 175 juta dengan estimasi harga 3,790 per unit. IPO kali ini merupakan titik balik dari kinerja bisnis JAL yang sempat carut marut beberapa tahun lalu. Namun di bawah Presiden perseroan, Kazuo Inamori, JAL mulai melaksanakan efisiensi dengan memangkas jumlah pekerja, mengurangi beban hutang, menghemat bahan bakar dan memperpanjang usia pensiun karyawan. Perusahaan mencetak laba tahunan 130 miliar yen hingga periode yang berakhir Maret atau jauh di atas perolehan laba rivalnya, All Nippon Airways, yang hanya 40 miliar yen. Inamori sendiri adalah perwakilan perdana menteri Naoto Kan yang ditugaskan memantau perbaikan usaha.

Proses IPO kemungkinan berjalan mulus karena Japan Airlines cukup memiliki reputasi baik di kalangan investor. Apalagi pangsa pasarnya masih sangat luas, terutama untuk kompetisi penerbangan berbiaya murah. Pada tahun fiskal tahun lalu, JAL membukukan rekor laba 187 miliar yen atau setara $2,4 miliar. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih besar ketimbang apa yang didapat oleh Air China, $1,1 miliar. 97% saham JAL dimiliki oleh ETIC atau lembaga pemulihan BUMN Jepang dengan nilai investasi sekitar 350 miliar yen. IPO bulan depan akan menjadi penerbitan saham perdana terbesar di Jepang sejak IPO Asuransi Dai Ichi Life senilai 1 triliun yen bulan Maret tahun lalu.

dim)

Sumber: MonexNews.com

No comments:

Post a Comment