Wednesday, August 1, 2012

Ketegasan 'Super Mario' Sangat Dinanti


Monexnews - "Apapun untuk melindungi mata uang euro" bisa menjadi petunjuk akan munculnya kebijakan konstruktif.

Kepala Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi, sudah secara tegas menyatakan komitmennya terhadap stabilitas nilai tukar valuta tunggal. Oleh karena itu, otoritas diprediksi mengeluarkan sebuah kebijakan intervensi untuk menurunkan bunga obligasi negara Spanyol dan Italia. Bursa keuangan langsung mencatat penguatan pasca komentar positif 'Super Mario', namun kebijakan seperti apa yang mampu menjaga momentum ini?



Secara filosofis, sikap Draghi patut diapresiasi karena untuk kali pertama, seorang pemimpin lembaga super power bisa mengeluarkan statement tegas. Dengan menjamin legitimasi euro, ia telah memberi ketenangan psikologis bagi pemerintah 17 negara pengguna valuta tunggal. Beberapa negara yang tengah mengalami kemunduran fiskal dan moneter juga dapat lebih percaya diri dengan mengetahui bahwa bank sentral tidak akan meninggalkan mereka sendirian. Sayangnya, sulit meyakinkan pelaku bisnis dan dunia luar akan prospek pemulihan krisis bila ECB dan lembaga terkait tidak mengeluarkan kebijakan revolusioner.

Leadership seperti inilah yang diharapkan kembali muncul dari dalam diri Draghi pada pertemuan esok. Ia harus mampu memperjuangkan agendanya sendiri meski banyak pihak mungkin tidak menyukai itu, termasuk pihak Bundesbank (bank sentral Jerman). Pria Italia ini pasti paham benar bahwa suatu kalimat dari mulutnya dapa membuat pasar finansial 'rally' dalam dua hari di pekan lalu. Euforianya dipastikan lebih besar jika ia dan koleganya di ECB mampu meluncurkan suatu stimulus baru. Tidak ada yang tahu pasti apa formula terbaik dalam penanganan krisis, apakah dengan memborong obligasi negara bermasalah di pasar primer, mengucurkan bantuan ke sektor perbankan atau justru merilis bail out untuk negara-negara pesakitan. Terlepas dari apapun kebijakan yang dilepas (atau tidak) oleh ECB besok, pernyataan tegas dan sikap konkrit harus selalu dipegang teguh oleh pejabat tinggi Eropa, IMF maupun bank sentral. Dengan begitu, baik pelaku bisnis maupun investor dapat lebih percaya diri menyambut momentum pemulihan krisis benua biru.

(dim)

Sumber: MonexNews.com

No comments:

Post a Comment