Thursday, July 12, 2012

Indeks Dollar tembus level terkuat dalam 2 tahun


Foto: Kontan.co.id


TOKYO. Indeks dollar, acuan nilai dollar AS terhadap sejumlah mata uang utama dunia, meraih titik tertingginya dalam dua tahun, Kamis (12/7). Ini terjadi pasca pengumumkan rekaman pertemuan Federal Reserves bulan Juni yang menyatakan stimulus moneter belum akan dilakukan dalam waktu dekat.
Indeks dollar melambung ke posisi terkuat dalam dua tahun di 83,61, sebelum akhirnya stabil di sekitar 83,47. Sementara euro tertarih-tatih bangkit ke level US$ 1,2245 setelah anjlok ke level terlemah dalam di tahun pada kurs US$ 1,2212.
“Rekaman pertemuan itu tidak cukup untuk memuaskan trader yang mengharapkan Quantitative Easing 3 bahwa pembelian aset selanjutnya diperlukan,” kata Kathy Lien, Managing Director of FX Strategy BK Asset Management.
Penguatan indeks dollar yang terus-menerus belakangan ini membukakan pintu menuju titik puncak indeks dollar pada level 88,71. Ada kemungkinan pula pasangan dollar AS dan euro menembus 1,20 di jangka pendek. Jika titik support tersebut bisa ditembus, level 1,1876 sudah di depan mata.
Euro sudah melemah 5,5% tahun ini, melampaui pelemahannya di tahun 2011 yang sebesar 3%. Bahkan dengan kejatuhan dramatis ini, para pelaku pasar masih enggan untuk mengangkat harganya lantaran khawatir ekonomi Zona Euro dapat memburuk lagi.

Sumber: Kontan: co.id

No comments:

Post a Comment